6 Kesalahan Fatal Dalam Facebook Marketing

Tuesday, December 5th 2017. | Peluang Usaha


IndonesiaBisnis.net—Facebook adalah situs media sosial yg paling terkenal, selain Twitter. Situs pertemanan yg dibuat oleh Mark Zuckerberg ini, menurut data yg dikeluarkan eMarketer, pengaksesnya lewat telepon seluler di dunia hampir satu miliar. Indonesia ada di peringkat ketiga dunia, di bawah Amerika Serikat dan India, dalam hal pengguna Facebook terbanyak.

Pebisnis memanfaatkan Facebook untuk memasarkan usaha mereka. Hubungan para pengguna, sepergi saling berbagi, berkomentar, melakukan “like”, dan lain-lain merupakan lubang untuk berpromosi.

Facebook memang bermanfaat untuk promosi dan pemasaran bisnis Anda. Namun, para pelaku bisnis lupa, ada beberapa hal yg tak mestinya mereka lakukan dalam memasarkan produk di Facebook. Apa saja itu?

Buat orang bosan dan kesal

Anda pasti jenuh dan kesal jika melihat teman Facebook Anda mem-posting status terlalu sering, atau berulang. Begitu pula orang-orang di daftar teman Facebook Anda. Jika Anda mem-posting status atau informasi bisnis Anda terlalu sering, bahkan diulang-ulang, mereka pasti jenuh dan kesal. Bisa-dapat akun Facebook bisnis Anda di-remove oleh mereka.

Jika Anda membuat khusus Facebook fans page bisnis, Anda juga tak boleh terlalu sering posting informasi bisnis. Posting yg terlalu sering sama saja dgn spam. Ada trik khusus jika ingin posting informasi bisnis. Biasanya di jam-jam sibuk saat pagi hari dan jam-jam  orang santai setelah pulang bekerja di malam hari.

Bertele-tele

Jarang sekali orang yg mau menghabiskan waktu untuk membaca tulisan terlalu panjang dan tanpa makna apa-apa. Sebuah penelitian bahkan pernah mengungkap, posting-an yg terdiri dari 100 sampai 250 karakter akan bisa interaksi lebih besar ketimbang posting-an lebih dari 250 karakter. Anda harus berusaha untuk memberikan informasi yg singkat tapi bermakna. Anda dapat juga menambahkan gambar atau foto yg berkaitan dgn bisnis Anda.

Pelit informasi

Mungkin hal ini remeh. Namun, tak lengkapnya informasi soal bisnis Anda di profil Facebook membuat para calon konsumen bingung dan kurang percaya. Sebaiknya, isi data-data bisnis Anda, mulai dari jam kerja, alamat lengkap, foto, nomor kontak yg dapat dihubungi, website, dan lain-lain. Kelengkapan ini memudahkan calon konsumen mendapatkan informasi soal bisnis Anda dgn cepat.

Tabrak aturan Facebook

Facebook memiliki aturan-aturan yg harus diterapkan oleh para penggunanya. Kalau melanggar, biasanya kita bisa peringatan, bahkan diblokir. Salah satu pelanggaran adalah di foto profil memasang informasi harga termasuk diskon, mengajak orang untuk me-like, promosi, komentar, atau download.

Campur aduk

Jangan terlalu banyak posting-an dan kombinasi fitur, seperti gambar, foto, video, dan teks. Penumpukan ini membuat orang bingung. Sebaiknya, buat konsep agar alur posting berbagai fitur itu menjadi rapi dan pas untuk tujuan bisnis Anda. Terlepas dari jenis postingan yg Anda bagikan, pastikan agar nada dan intonasi postingan Anda mencerminkan kepribadian bisnis Anda.

Tak relevan

Anda harus posting hal-hal yg relevan dgn bisnis Anda. Misalnya, jika Anda berbisnis busana, yg perlu diinformasikan adalah seputar produk busana Anda. Harus berhubungan dgn brand yg Anda sedang bangun. Jangan pernah mem-posting produk lain yg tak ada relevansinya terhadap bisnis Anda. Jika Anda suka sepakbola, juga jangan pernah mem-posting soal pertandingan sepakbola yg Anda tonton tadi malam. Kecuali jika sepakbola ada hubungannya dgn bisnis Anda.

Setiap orang dapat dgn mudah membuat akun Facebook atau fanpage Facebook. Namun, Anda memerlukan strategi khusus untuk mempromosikan bisnis Anda. Dan, hal-hal di atas tadi jangan pernah Anda lakukan. Selamat berpromosi

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.