Kunci Sukses Bisnis Kamar Kos

Saturday, April 8th 2017. | Peluang Usaha


IndonesiaBisnis.net—Bisnis properti memang menjanjikan, tapi memerlukan modal yg sangat besar. Bisnis ini dapat menghabiskan ratusan juta bahkan miliaran rupiah. Belum lagi jika Anda menambahkan fasilitas dan peralatan penunjang bisnis Anda. Namun, keuntungannya dapat mengalir terus. Ada banyak pilihan berbisnis properti, mulai dari apartemen, rumah kontrakan, penyewaan gedung, dan kamar kos.

Kamar kos dibutuhkan oleh para pelajar, mahasiswa, atau karyawan yg memerlukan tempat dekat dgn aktivitas mereka sehari-hari. Misalnya, jika seorang mahasiswa menetap bersama orangtuanya di Jakarta, tapi ketika lulus SMA dia diterima di sebauh universitas di Bandung, maka kamar kos menjadi solusi agar tak pulang pergi Jakarta-Bandung.

Ada banyak keuntungan mendirikan bisnis kamar kos. Pertama, bisnis kamar kos permintaannya sangat tinggi. Jumlah mahasiswa dan karyawan selalu bertambah tiap tahun. Hal ini menyebabkan usaha kamar kos ramai dicari orang. Kedua, pengelolaan relatif mudah. Jika kamar kos telah jadi, Anda tinggal menyerahkan pengelolaan ke orang kepercayaan Anda. Selanjutnya, Anda tinggal menerima uang kamar kos, memeriksa kos sewaktu-waktu, dan membayar beberapa tagihan.

Ketiga, Anda dapat memperoleh penghasilan rutin setiap bulan. Keempat, berpeluang memperoleh penghasilan tambahan. Selain mendapatkan penghasilan dari sewa kamar kos setiap bulan, Anda dapat mendirikan jasa laundry, isi ulang, kios, atau konter pulsa di kos-kosan Anda. Kelima, menjalin relasi dgn banyak orang. Keenam, kenaikan harga properti semakin naik dari tahun. Kenaikan ini menimbulkan harga sewa kamar kos Anda dapat dinaikkan.

Bisnis kamar kos paling stabil di Indonesia. Di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, atau Denpasar, kamar kos sangat menjanjikan. Dalam setiap bisnis, pasti ada kunci suksesnya. Tak terkecuali bisnis kamar kos. Apa saja kunci suksesnya?

Tempat

Tempat yg strategis dan mudah diakses adalah kunci sukses kamar kos yg pertama. Perhatikan target pasar kamar kos Anda. Jika Anda menargetkan mahasiswa, maka bangunlah kamar kos di dekat kampus. Jika karyawan, maka bangunlah di dekat perkantoran. Tempat ini berhubungan juga dgn akses transportasi. Jika Anda mau lebih menguntungkan, Anda dapat mendirikan di dekat pusat perbelanjaan dan daerah wisata. Di sini, tak jarang ada orang yg mau sewa kamar kos harian.

Keamanan

Keamanan menentukan sekali calon penyewa atau yg telah sewa kamar kos Anda merasakan betah atau tak. Jika di situ lingkungannya kurang aman, seperti sering terjadi tindak kriminal, pencurian motor, atau maling barang-barang di kosan, maka para calon konsumen berpikir dua kali. Mereka butuh keamanan saat meninggalkan barang-barang berharganya di kamar kos. Jika penghuni kos mengalami kejadian kejahatan, pasti dia akan pindah dari kos Anda. Anda dapat saja mempekerjakan orang untuk menjadi petugas keamanan di kos Anda.

Kebersihan dan kenyamanan

Kebersihan dan kenyamanan menjadi faktor kunci suksesnya bisnis kamar kos. Anda harus rajin-rajin menjaga kebersihan lingkungan kos. Kalau perlu, ada petugas khusus yg bertugas untuk menjaga kebersihan di lingkungan kos Anda.  Tambahkan tamanan agar menjadikan suasana sejuk dan hijau.

Harga

Jika Anda membangun bisnis kamar kos di lingkungan dekat kampus atau perkantoran, pasti pesaing Anda banyak sekali. Harga menjadi salah satu faktor konsumen mempertimbangkan menyewa kos. Harga ini tergantung fasilitas dan akses kos. Anda dapat saja bersaing di fasilitas yg Anda tawarkan, dan membedakan harganya sedikit dari harga pasaran yg ada di sekitar lingkungan bisnis kosan Anda.

Fasilitas

Anda tak dapat bermain di harga jika kamar kos Anda kosong. Sedangkan, kalau Anda menawarkan fasilitas lengkap, seperti kamar mandi di dalam, tempat tidur, lemari, kursi, meja, dan AC, pasti konsumen akan mempertimbangkan untuk menyewa kamar kos Anda.

Bangunan unik

Bangunan mungkin cukup pelengkap. Tapi, ada juga konsumen yg melihat atau mempertimbangkan model bangunan dalam memilih kos. Anda dapat saja membangun kamar kos di dalam rumah tinggal Anda, atau kamar kos yg berjejer lurus, atau bertingkat. Usahakan model bangunannya unik dan menarik dipandang mata. Ini dapat jadi nilai lebih.

Perizinan harus Anda selesaikan dahulu sebelum bisnis ini berjalan. Anda perlu memiliki surat izin mendirikan bangunan (IMB). Anda juga harus menyeleksi calon penyewa, untuk mencegah hal-hal yg tak diinginkan. Misalnya, Anda ajukan pertanyaan-pertanyaan ringan, seperti dari mana asalnya, pekerjaannya apa, di mana berkuliah atau bekerja, dan lain-lain.

Peraturan kos, untuk menjaga keamanan, kenyamanan, dan ketertiban juga perlu dibuat. Misalnya, jam kunjungan cukup sampai pukul 22.00. Bagaimana, Anda telah siap membangun bisnis kamar kos?

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.