Ini Dia Cara Kalahkan Pesaing Usaha Cemilan Anda

Saturday, May 19th 2018. | Peluang Usaha


IndonesiaBisnis.net—Cemilan merupakan panganan yg menjadi pilihan setiap orang saat bersantai. Dimakan beramai-ramai ketika kumpul keluarga atau dimakan sendiri saat menonton pertandingan sepakbola, sama enaknya. Tidak salah jika usaha cemilan menjadi salah satu peluang bisnis yg menarik. Pasarannya pun masuk ke semua kalangan.

Jenis cemilan banyak. Misalnya, keripik, kue kering, kerupuk, rempeyek, dan kacang. Ada dua pilihan memproduksi cemilan, yakni membuat sendiri atau mengemas ulang dari pembuat besar. Untuk memasarkannya, Anda dapat menitip jual ke toko oleh-oleh, toko swalayan, langsung ke konsumen, atau promosi di media sosial.

Anda perlu mempersiapkan juga data suplier cemilan yg harganya terjangkau tapi berkualitas, lokasi strategis, peralatan, serta tenaga. Tempat yg strategis dapat Anda pilih di tempat-tempat yg mudah diakses konsumen.

Usaha cemilan memang menarik. Tapi, saingannya banyak sekali. Mulai dari pedagang kecil sampai partai besar melirik peluang ini. Anda harus memiliki trik-trik khusus untuk mengalahkan para pesaing Anda. Apa saja trik yg dapat Anda coba?

Menggabung produk

Biasanya cemilan dijual perbungkus, dan cukup satu macam jenis. Untuk mensiasati para pesaing Anda, perlu cara kreatif dgn menggabungkan produk. Caranya, menjual tiga atau lebih produk dalam satu kemasan, tapi satu harga. Cemilan ini dapat Anda kemas dgn model parcel di acara atau momen tertentu. Misalnya, haro raya Idul Fitri, Natal, atau Tahun Baru.

Promosi

Dalam bisnis apapun, promosi wajib dilakukan, dan penting. Anda perlu menggencarkan promosi, dalam model offline maupun online. Promosi offline dapat dilakukan dalam model brosur, pamflet, spanduk, atau dari mulut ke mulus. Sedangkan online, dapat Anda lakukan di media sosial atau website khusus. Jalin komunikasi yg baik dgn para konsumen Anda, dan berinteraksi dgn rutin.

Ada contohnya

Sediakan contoh atau sampel produk cemilan Anda. Contoh ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan produk Anda kepada konsumen. Sediakan contoh cemilan yg memiliki rasa yg enak dan khas.

Rasanya unik

Untuk kalahkan pesaing Anda, usaha cemilan Anda perlu memiliki rasa yg unik dan berbeda dari kebanyakan cemilan yg dijual di pasaran. Cita rasa itu penting, selain kemasan dan tampilannya. Tak cukup cemilan yg memiliki rasa enak yg dicari konsumen, tapi rasa yg memiliki ciri khas. Ciri khas rasa dapat menjadi penarik minat konsumen untuk membelinya di tempat Anda. Cemilan selalu memiliki rasa yg gurih, asin, manis, atau pedas. Anda perlu memberi sentuhan rasa khas. Rasa yg khas, misalnya mengkombinasi rasa manis dan asin, atau memberikan sentuhan rasa buah.

Sentuhan di kemasan

Kemasan adalah salah satu faktor kenapa konsumen membeli produk Anda. Dalam bisnis apapun, pasti kemasan dahulu yg dilihat. Begitu pula dgn usaha cemilan. Kemasan yg unik dan menarik dari pesaing Anda, akan membuat konsumen usaha cemilan merasa penasaran. Akhirnya, mereka membeli produk Anda.

Terima order

Cemilan biasanya dibutuhkan ketika ada acara spesial, seperti pernikahan, ulang tahun, atau hari raya. Anda dapat membuka peluang ini di usaha cemilan Anda. Berikan sentuhan menarik di kemasan, sesuai permintaan konsumen Anda. Kemudian, Anda juga dapat melayani delivery order ke tempat-tempat konsumen Anda.

Usaha cemilan memang memiliki potensi besar mengeruk keuntungan. Tak heran pesaingnya pun menjamur. Trik-trik tadi dapat membantu mendongkrak penjualan usaha cemilan Anda. Untuk itu, Anda perlu nilai lebih dari produk usaha cemilan Anda. Selamat usaha cemilan

Search terms:

oleh oleh pernikahan, oleh2 nikahan,

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.