Waralaba Murah Apakah Sebuah Solusi Bisnis Usaha?

Monday, April 23rd 2018. | Peluang Bisnis
Mungkinkah waralaba murah menjadi salah satu peluang usaha bisnis yg menjanjikan? marilah sedikit kita ulas mengenai hal ini.

Jika kita berbicara mengenai sebuah sistem waralaba maka dalam pikiran kita mungkin terbesit bahwa bisnis waralaba merupakan sebuah kesempatan yg dapat dikatakan untuk mempersingkat “kesuksesan” sebuah bisnis usaha. Karena dgn mengambil peluang bisnis waralaba ini maka semua sistem telah disiapkan dan kita cukup sebagai pemodal saja dan bisnis langsung dapat jalan tanpa perlu repot mempersiapkan semenjak awal lalu kita tinggal melihat dan menunggu keuntungan saja.

Mungkin dapat dikatakan seperti itu walaupun  tak sepenuhnya benar juga karena jika kita berbisnis tentu saja peranan kita dalam mengelolanya (manajemen bisnis) merupakan salah satu penentu sukses tidaknya sebuah usaha yg sedang kita jalankan, akan tetapi dgn sistem franchise waralaba ini memang semua terlihat lebih mudah dan alur bisnisnyapun juga cukup jelas.
Di artikel kali ini memang saya ingin sedikit saja mengulas mengenai sebuah sistem warlaba namun yg modalnya realtif  murah. Murah dalam artian tak sampai ratusan juta karena semakin lama semakin banyak muncul franchise waralaba yg dibandrol puluhan juta saja sampai dibawah 10 juta. Jika kita mengambil jenis yg  ini apakah merupakan sebuah solusi peluang usaha bisnis buat kita? tentu saja ini relatif tergantung dgn kondisi anda secara kesiapan mental dan juga finansial dimana sistem yg telah dibangun memerlukan kesiapan dan kecekatan anda dalam mengelolanya.
Ada beberapa langkah dan tips sebelum kita mengambil peluang usaha bisnis franchise yg mungkin dapat menjadi referensi bagi kita semua, diantaranya yaitu :
  1. Produk Apa yg akan kita jual. Tentu saja ini menjadi hal utama yg harus kita pikirkan  ketika kita akan mengambil sebuah waralaba murah. Karena tak semua model bisnis seperti ini produknya dijual dgn biaya yg murah. Ada banyak franchise yg modalnya ratusan juta, memang sangat menjanjikan keuntungannya karena rata-rata mereka telah mempunyai brand/image perusahaan yg cukup baik dan juga dari pengalamanpun mereka lebih lama dan lebih profesional. Mungkin kedepan kita dapat mengambilnya akan tetapi disaat sekarang ini ketika modal kita minim maka kita dapat mengambil cara lain produk lain yg lebih murah misalnya burger, pizza, atau minuman, dan juga jenis lainnya (telah banyak fracnshise murah yg ada sekarang ini). Pemilihan produk selain karena harga produk waralabanya yg relatif lebih murah, lingkungan dimana kita akan berbisnis tentu saja menjadi pertimbangan tersendiri, apa sih yg cocok dijual di lokasi itu? anda yg tahu kondisinya.
  2. Simulasi dan Estimasi Keuangan. Nah hal ini juga menjadi alasan yg cukup penting bagi siapa saja yg ingin mengambil peluang bisnis jenis ini. Jangan mudah percaya dgn hitungan keuangan yg terlalu menjanjikan. Pikirkan dan seleksi penawaran yg lebih rasional untuk perhitungan untung rugi dari bisnis yg ditawarkan ini. Memang setiap perusahaan yg menjual sistem franchise, mereka mempunyai simulasi perhitungan biaya operasional dan keuntungannya. Silahkan pilih dgn bijak dan rasional.
  3. Support Waralaba. Biasanya penjual waralaba murah akan terus mensupport dan berkomunikasi dgn para pembeli franchise mereka secara intensif/berkala. Pastikan bahwa semua sistem komunikasi dan juga support pelatihan akan berjalan dgn lancar kedepan. Anda dapat melihat lokasi cabang mereka di kota anda apakah ada? jika tak ada apakah yg diluar kota dapat mudah dihubungi dan berkomunikasi dgn mereka?. Silahkan tanyakan hal ini karena akan memudahkan kedepan nantinya ketika bisnis telah berjalan.
  4. Brand Produk Franchise. Sebelum anda mengambil sebuah waralaba murah pastinya anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai perusahaan yg menjualnya. Pastikan mereka telah memiliki reputasi yg cukup baik, anda dapat melihat cabang mereka dimana saja dan jika memungkinkan kontak beberapa cabang tersebut untuk dapat bertanya kepada mereka mengenai pengalaman bisnisnya jika memugkinkan. Sebenarnya hal ini ditujukan supaya anda menjadi lebih yakin lagi sebelum memutuskan untuk mengambilnya.
Waralaba murah bukan berarti menajemen sesukanya, anda perlu belajar dan bertanya mengenai perhituangan semua biaya yg akan dikeluarkan dalam mengambil dan mengelola peluang usaha ini. Ilustrasi perhitungan operasional keuangan dan juga sistem kerja yg diberikan penjual waralaba tentu saja akan memberikan gambaran kepada anda. Pastikan dgn menerima ilustrasi dan juga saran dari mereka anda akan dapat menjalankan bisnis ini dgn baik walau semua bisnis tentu saja ada resikonya anda harus menyadarinya semenjak awal sehinga dapat mempersiapkan langkah untuk meminimalisir resiko yg akan terjadi.
Lebih kreatif dalam menjalankan usaha ini tentu saja harus dipikirkan. Memberikan nilai tambah yg unik dan beda dgn kompetitor lainnya dapat membantu bisnis anda akan berjalan lebih menarik. Ada beberapa tips supaya lebih kreatif dalam menjual produk, silahkan baca artikel lainnya di blog ini. Terima Kasih.

Artikel Lainnya:

tags: , , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.