Aneka Kain Tradisional yang Cantik Dijadikan Bisnis

Sunday, July 3rd 2016. | Peluang Usaha


IndonesiaBisnis.net―Indonesia kaya dgn produk seni dan budaya. Negara kepulauan ini, salah satunya, menghasilkan warisan berupa banyak jenis kain tradisional. Setiap daerah memiliki jenis kain tradisional yg indah. Ada kain songket yg berasal dari Minangkabau, kain batik dari Jawa Tengah, kain tapis dari Lampung, dan kain gringsing dari Bali. Jika kita jeli, kain tradisional ini tak cukup dapat dijadikan produk fashion yg cantik. Namun, dapat dimanfaatkan menjadi salah satu bisnis yg menarik dan cantik. Aneka barang dapat dikreasikan dan dimasukkan unsur-unsur kain tradisional tadi.

Apa saja kain tradisional, yg berpotensi dijadikan bisnis yg menguntungkan? IndonesiaBisnis.net merangkumnya berikut ini.

Songket

Kata songket berasal dari istilah bahasa Melayu, “sungkit”. Artinya, mengait atau mencungkil. Hal ini berkaitan dgn cara pembuatannya, yakni dgn mengait dan mengambil sejumput kain tenun, lalu menyelipkan benang emas. Kain songket merupakan kain tradisional dari Minangkabau. Kain ini juga dapat dijumpai di Malaysia dan Brunei Darussalam.

Motif kain songket berpola hewan dan tumbuhan. Kain ini sangat cocok dikenakan saat pesta, perayaan, atau hajatan. Songket dapat dijadikan baju, tas, dan sepatu yg cantik. Jika dijual, harganya dapat sangat mahal. Produk-produk ini tentu dapat menjadi bisnis yg menguntungkan.

Tapis

Kain tapis berasal dari Lampung. Kain tapis merupakan pakaian perempuan suku Lampung. Bentuknya, mirip kain sarung berbahan benang kapas dgn motif atau hiasan bahan sugi, benang emas dan perak. Cara membuatnya dgn menyulam. Motif kain tapis yg paling umum adalah garis zigzag atau piramida. Sulaman tapis sendiri bermotif hewan dan tumbuhan. Selembar kain tapis bisa diselesaikan satu minggu sampai satu bulan.

Peluang bisnis yg dapat Anda coba menggunakan kain tapis banyak sekali. Anda dapat berkreasi, menjadikan kain tapis produk hiasan dinding, gantungan kunci, peci, dompet, tempat tisu, atau dompet.

Tenun ikat

Tenun ikat dapat kita temui di Toraja, Jepara, Bali, Lombok, Sumbawa, dan Timor. Tenun ikat dibuat dari kain yg ditenun dari helaian benang lungsin, yg sebelumnya diikat dan dicelup ke zat pewarna alami. Kain tenun ikat dapat dijadikan beberapa produk yg berpeluang besar, misalnya dijadikan pakaian, perlengkapan busana, pelapis furnitur, atau penghias interior rumah.

Ulos

Kain tradisional ulos berasal dari tanah Batak. Cara membuat kain ulos dgn ditenun. Ulos artinya kain. Warna yg sering terlihat di ulos, yakni merah, hitam, dan putih, dihias ragam tenun benang emas dan perak. Ulos biasanya dipakai dalam acara resmi atau upacara adat Batak. Ada berbagai macam jenis ulos, antara lain ulos raja, ulos gobar, ulos saput, dan ulos sibolang. Ulos dapat dikreasi ke berbagai model produk, seperti sarung bantal, tas, pakaian, dasi, dompet, gorden, alas meja, dan ikat pinggang. Pilihan kreasi tadi, dapat Anda jadikan referensi untuk bisnis yg berpeluang baik.

Batik

Jika mendengar kata batik, pasti tak asing lagi bagi kita. Jenis kain tradisional yg telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi pada 2 Oktober 2009 ini dibuat dgn menuliskan alat bernama malam di kain. Batik identik dgn Jawa. Yang paling terkenal adalah batik produk dari Pekalongan dan Solo. Motifnya pun banyak.

Batik berasal dari kata “amba” yg artinya menulis dan “titik” yg artinya titik. Batik terdiri dari tiga teknik, yakni batik tulis, batik cap, dan batik lukis. Ada berbagai ide bisnis dari batik, di antaranya baju, jaket, kaus, boneka, gantungan kunci, tas, dan sepatu

Search terms:

keset kain perca yang ditali, jual kain kiloan murah solo, grosir kain kiloan klaten, cara membuat tas dari ulos, kain kiloan solo, jual kain kiloan solo, jual kain perca solo, harga kain kiloan di solo, kain perca solo, grosir kain semarang,

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.