Beragam Kerajinan Bahan Lunak yang Menjanjikan

Sunday, June 26th 2016. | Peluang Usaha


IndonesiaBisnis.net—Bagi Anda yg memiliki jiwa seni tinggi, keahlian mengolah materi, dan punya segudang ide, tak ada salahnya Anda mencoba membangun usaha kerajinan. Ada banyak sekali jenis kerajinan yg dapat Anda coba. Semua tergantung keahlian dan kemampuan Anda menguasainya. Salah satunya menghasilkan produk kerajinan bahan lunak.

Produk kerajinan bahan lunak memanfaatkan bahan-bahan dasar bersifat lunak. Bahan lunak ini terbagi menjadi dua, yakni bahan lunak buatan dan bahan lunak alami. Bahan lunak buatan merupakan bahan-bahan yg diolah menjadi lunak, misalnya bubur kertas, gips, lilin, sabun, dan sebagainya. Sedangkan bahan lunak alami merupakan bahan-bahan lunak yg didapatkan dari alam, misalnya serat alam, kulit, dan tanah liat.

Produk kerajinan bahan lunak dapat dimanfaatkan oleh konsumen Anda sebagai benda pakai dan benda hias. Sebagai benda pakai, misalnya wadah dan busana. Sedangkan untuk benda hias dimaksudkan sebagai pajangan saja.

Serat alam

Kerajinan bahan lunak yg pertama adalah kerajinan dari serat alam. Mayoritas kerajinan serta alam dilakukan dgn metode menganyam. Produk yg dihasilkan, di antaranya tempat lampu, topi, tas, taplak meja, dan lain-lain.

Lilin

Membuat kerajinan dari bahan lilin dilakukan dgn cara mengukir dan mencairkan lilin. Sifat lilin yg mudah dibentuk. Pembuatannya pun terbilang cepat. Contoh produk dari bahan lilin, yakni lilin hias, hiasan dinding, dan boneka.

Sabun

Selain untuk mandi, sabun dapat dimanfaatkan untuk kerajinan tangan yg menghasilkan uang. Sabun bisa diolah dgn cara mengukir dan membentuknya. Produk yg dihasilkan, di antaranya boneka dan aksesori cantik.

Kulit

Kerajinan bahan lunak yg menjanjikan lainnya adalah kerajinan dari bahan kulit. Kerajinan ini dihasilkan dari kulit yg telah disamak, kulit sintesis atau mentah. Harga produk kerajinan dari kulit juga terbilang mahal. Kulit yg dapat dimanfaatkan berasal dari sapi, kerbau, ular, buaya, dan kambing. Produk kerajinan dari kulit, di antaranya jaket, dompet, sepatu, dan tas.

Gips

Gips adalah bahan mineral yg tak larut di air dalam waktu lama. Gips mengandung zat hiodrat kalsium sulfat. Dalam membuat kerajinan dari gips, harus dicairkan terlebih dahulu untuk membentuknya. Dibandingkan keramik, gips lebih mudah diolah, karena tak memerlukan proses pembakaran. Produk dari gips yg dapat Anda jual, di antaranya frame foto, boneka, celengan, dan aneka suvenir.

Tanah liat

Kerajinan bahan lunak terakhir adalah tanah liat. Kerajinan ini sangat populer di tanah air, sehingga ada kota yg memiliki ciri khas kerajinan ini, sebut saja Plered di Purwakarta. Ada tiga cara membuat produk kerajinan dari bahan tanah liat. Pertama, tanah liat dapat dibentuk dgn menggunakan tangan, caranya memijat-mijat tanah liat itu. Kedua, tanah liat dibentuk dgn cara mencungkil menggunakan alat tertentu. Ketiga, dgn alat putaran. Di negeri kita, kerajinan dari tanah liat ini dikenal pula kerajinan keramik. Kerajinan ini juga dapat dibuat lebih menarik lagi, dgn menambahkan ragam hias. Contoh produk dari tanah liat, di antaranya vas kembang, asbak, guci, piring, mangkuk, gerabah, gelas, dan aneka pajangan.

Untuk melihat apakah usaha kerajinan bahan lunak Anda sukses atau tak, Anda perlu menetapkan kelayakan usaha, yg meliputi analisis kelayakan teknis, analisis peluang pasar, jumlah pembelian potensial tiap segmen pasar, sumber informasi pasar, dan uji coba pasar. Bagaimana, Anda tertarik usaha kerajinan bahan lunak?

Search terms:

perusahaan kerajinan bahan lunak, daerah penghasil kerajinan lunak, daerah penghasil kerajinan bahan lunak di indonesia, daerah penghasil kerajinan bahan lunak, artikel usaha kerajinan bahan lunak di bandung, kerajinan bahan lunak di bandung, artikel daerah penghasil kerajinan bahan kunak, kerajinan bahan lunak yang ada di bandung, 5 perusahaan kerajinan bahan lunak, yhs-fh_lsonsw,

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.