Penggemukan Sapi Limosin, Peluang Usaha Yang Menawan dan Menggiurkan

Thursday, June 16th 2016. | Analisis

Peternak Sapi LimosinMendengar nama sapi ini memang bikin kita penasaran? Apa benar memang menyerupai sebuah sedan Limosin yg panjang? Ternyata, sapi dan mobil limosin memang memiliki kemiripan, yaitu sama-sama panjang dan menawan. Seperti sebuah mobil limosin yg ekslusif dan cukup digunakan kalangan tertentu, sapi limosin pun juga terbilang ekslusif, karena harganya yg terbilang wow! Peluang usaha penggemukan sapi limosin ini cukup menggiurkan. Tidak percaya?

Mengenali Sapi Limosin

Sapi limosin sejatinya adalah ras sapi dari Bos Turus, dikembangkan pertama di Perancis. Sapi ini merupakan tipe sapi pedaging dgn perototan yg lebih baik dari jenis sapi yg telah ada di Indonesia. Warna bulunya cenderung coklat tua, dgn ambing dan lutut kebawah berwarna putih. Sapi limosin memiliki model yg besar, panjang, padat dan kompak. Ciri-ciri sapi ini, tak memiliki tanduk, badannya bagus, besar dan memiliki (maaf) pantat yg besar serta lebar.

“Keunggulan sapi limosin ini adalah pertumbuhannya yg super cepat,” ungkap Mawarti dan Sadikun kepada wartawirausaha.com. Pernyataan pasangan istri ini ada benarnya, sapi limosin adalah sapi potong yg berasal dari wilayah beriklim dingin, merupakan sapi dgn tipe yg besar, mempunyai volume rumen yg besar, voluntary intake (kemampuan menambah konsumsi diluar keperluan yg sebenarnya) yg juga tinggi. Hal inilah, yg kemudian membuat sapi ini mampu tumbuh dgn kekar dan panjang.

Mawar sendiri mulai serius membudidayakan sapi limosin semenjak dua tahun silam, saat itu, sang suami pensiun dari pekerjaannya sebagai Pegawai Negeri Sipil. “Agar tetap memiliki kegiatan sehari-hari, kami kemudian mencoba membudidayakan sapi limosin ini dgn membeli bakal anakan seharga Rp 4 juta. Belum ada setahun, anakan ini ternyata telah ditawar oleh orang sebesar Rp 19 juta,” ungkap Mawar.

Sapi Seleb

Nama sapi limosin akhir-akhir ini memang sering menjadi perbincangan yg hangat, tak cukup oleh para peternak sapi, namun juga oleh beberapa media bisnis. Hal ini tentu saja terkait dgn kedatangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama staf menterinya ke wilayah Janggan, Poncol, Magetan beberapa tahun silam. Di desa yg menjadi sentra budidaya sapi limosin ini, Presiden SBY juga memilih sapi jenis ini untuk dijadikan binatang kurban ketika Hari Raya Idhul Adha.

Meskipun memiliki harga yg selangit, namun permintaan sapi limosin ini dari hari ke hari justru semakin meningkat. Bahkan, Mawar mengatakan jika para peternak di desa Janggan sering kewalahan memenuhi orderan yg rata-rata datang dari kota-kota besar; seperti Jakarta, Surabaya dan beberapa kota di luar pulau Jawa.

“Selain proses pertumbuhannya yg sangat cepat, sehingga mampu menghasilkan daging yg besar dan lezat. Keistimewaan lain sapi ini adalah tahan terhadap serangan berbagai macam penyakit berat. Satu penyakit yg sering menghinggapi sapi ini, dan dikeluhkan para peternak adalah sakit linu-linu pada sapi, ini wajar karena semenjak beli dari umur pedet (anakan sapi) sampai umur tiga tahun, tak pernah dikeluarkan dari kandang, sehingga sapi ini jarang gerak.” Ujar ibu yg juga berprofesi sebagai guru SD di SDN Janggan, Poncol, Magetan ini.

Perlakuan Bakalan Sapi

Biasanya, setiap bakalan sapi limosin yg datang di kandang milik Mawar, langsung diberi suntikan vaksinasi oleh mantri hewan jualsapilimousinmurahdisolosetempat. Selain itu, menurut pengakuan Mawar, sapi juga diberikan ramuan tradisional atau jamu seperti temu ireng untuk membunuh cacing-cacing parasit yg ada di tubuh sapi, selain temu ireng, ramuan kunyit, temu lawak, maupun telur ayam kampung juga diberikan tiap tiga bulan sekali untuk daya tahan sang sapi.

Dalam hal makan, sapi limosin juga cukup gampang. Mawar memberikan rajangan/cacahan rumput gajah yg diambil dari kebunnya sendiri untuk kemudian dijadikan makanan sehari-hari sang sapi. Rumput gajah ini biasanya diberikan sebanyak tiga kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari, siang dan malam. Selain rumput gajah, juga diberikan fermentasi ares (bongol pisang) yg berfungsi sebagai suplemen makanan.

“Dulu awalnya kami membeli suplemen fermentasi ares ini tiap beberapa minggu, tapi setelah tahu cara buat fermentasi ini cukup mudah, kami pun mencoba membuat sendiri, dan ternyata berhasil. Bahan yg digunakan untuk membuat fermentasi ini adalah air 50 liter, pisang matang (apapun jenisnya) 25 biji, ares (bongol pisang) 1,5 meter yg dicacah dan dilembutkan, lalu gula pasir 2,5 kg yg direbus dgn air mendidih. Semua bahan tersebut dicampur di sebuah wadah, seperti gentong atau tong, lalu didiamkan selama seminggu. Takaran pemakaiannya, 2 gelas plastic dicampur 1 liter untuk diberikan satu sapi,” ujar ibu yg memang hobi memelihara hewan semenjak kecil ini.

Umur sapi limosin yg telah siap dijual dan diambil dagingnya adalah 3 tahun. Pada umur ini, selain daging telah layak konsumsi, berat sapi juga telah ideal untuk dijual. Meski demikian, di peternakan Mawar, sapi limosin selepas umur 5 bulan telah banyak ditawar orang. Penjualan sapi limosin ini terbilang cukup mudah. Mawar beserta sang suami, tak perlu repot-repot membawa sapi ini ke pasar hewan, karena biasanya telah banyak para pedagang yg datang ke rumah untuk menawar sapi-sapi ini.

Ukuran Kandang Ideal

Sapi LimosinMelihat ukuran sapi yg dapat tumbuh dgn pesat dan besar, kandang juga harus disesuaikan dgn kondisi sapi. Karena, jika kandang terlalu sempit, akan membuat sapi stress. Kandang menjadi tempat tinggal yg dibuat untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan, serta untuk memudahkan penanganan sapi. “Kandang sapi limosin idealnya dibuat sesuai dgn jumlah ternak yg akan dipelihara, luas ruangan yg dibutuhkan untuk tiap ekornya adalah sebagai berikur, memiliki panjang kali lebar 1,5 x 2 m2, dan memiliki tinggi minimal 2,5 m. Selain itu, kebersihan kandang juga harus diperhatikan betul, untuk meminimalisir serangan penyakit.” Tambah Mawar.

Sapi limosin menurut prediksi banyak kalangan—termasuk pemerintah sendiri—akan menjadi primadona di dunia industri peternakan. Karena, sapi ini telah banyak dibicarakan oleh para pebisnis yg bergerak diusaha penggemukan sapi. Permintaan sapi jenis ini pun meningkat tiap hari, dan mencapai puncak pada hari-hari mendekati hari raya Idul Adha. Bagi Anda yg ingin mencoba peluang bisnis ini, jangan tak untuk mencoba peluang emas ini.

Penggemukan Sapi Limosin, Peluang Usaha Yang Menawan dan Menggiurkan appeared first on Info Wirausaha, Peluang Usaha dan Tips

Search terms:

harga sapi brahman umur 4 bulan, ciri ciri sapi limusin, harga sapi limusin umur 5 bulan, analisa usaha penggemukan sapiisa usaha penggemukan sapi, harga sapi padang,

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.