Berkah dari larangan penjualan tiket di bandara

Sunday, August 20th 2017. | Peluang Usaha

JAKARTA. Menteri Perhubungan Ignatius Jonan telah mengeluarkan surat edaran yg melarang diadakannya ruang penjualan tiket pada seluruh bandara di tanah air. Permintaan penghapusan loket tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan nomor HK 209/1/1/16/PHP.2014.

Aturan yg berlaku efektif mulai 15 Februari lalu membawa berkah bagi pengusaha agen perjalanan atawa travel agent. Sebab, kondisi itu memaksa calon penumpang untuk membeli tiket secara online.

Alhasil, dapat dibilang, travel agent lumayan terbantu dgn kebijakan larangan penjualan tiket di bandara ini. Dengan begitu, pasar tiket online pun semakin terbuka.

Panji Pinuwinata, Manager Marketing Birotiket.com mengatakan, semenjak aturan itu berlaku ada kenaikan penjualan tiket pesawat online sekitar 5%.

Menurutnya, kenaikan memang tak terlalu besar karena selama ini banyak orang telah terbiasa membeli tiket online. “Dari 100% mungkin cukup 5% orang yg beli tiket di bandara,” kata Panji kepada KONTAN belum lama ini.

Meski begitu, ia meyakini, bisnis penjualan tiket online ini bakal tambah semarak. Panji menjelaskan, dalam satu hari, Birotiket.com dapat menjual sampai 400 tiket. Penjualan sebanyak itu didapat dari 13.000 agen yg tersebar di seluruh Indonesia.

Dari penjualan sebanyak itu, total keuntungan yg didapat mencapai Rp 5 miliar, dgn keuntungan kotor sebesar 25%. Menurut Panji, menjadi agen tiket online lumayan menguntungkan. “Yang dibutuhkan cukup komputer, koneksi internet, dan printer,” katanya.

Syarat lain, tentu menyiapkan anggaran untuk biaya mengambil kemitraan atau keagenan dari perusahaan travel agent yg telah ada. Setiap perusahaan mematok biaya kemitraan bervariasi, tergantung paket yg dipilih.

Di Birotiket.com, calon agen harus membayar biaya pendaftaran Rp 150.000. Mereka pun resmi menjadi agen Birotiket.com dan dapat langsung berjualan.

Menurut Panji, prospek dari bisnis agen ini sangat menjanjikan. Ia mengklaim, rata-rata agennya bisa menjual sampai 50 tiket per hari. Agen mendapat komisi 35% dari komisi maskapai. Selain itu, agen juga mendapatkan komisi jaringan. Maksudnya, bila agen dapat mengajak orang lain untuk bergabung di Birotiket.com akan mendapatkan komisi Rp 30.000 untuk satu orang. “Pendapatan tiap agen beda-beda, tapi keuntungan bersih yg didapat agen minimal sampai ratusan ribu setiap bulan,” ujar Panji.

Jefri Van Novis, pemilik Bonita Tour and Travel juga menyambut gembira larangan penjualan tiket di bandara. Menurutnya, banyak agen Bonita Tour and Travel di daerah, mencatat kenaikan penjualan semenjak aturan itu berlaku. “Banyak agen kami skala rumahan sekarang penjualan naik tinggi,” katanya.

Dengan adanya aturan itu, ia juga optimistis jumlah mitranya terus bertambah.

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.