Plus Minus Sewa Tempat Usaha

Monday, May 30th 2016. | Peluang Usaha


IndonesiaBisnis.net—Sebagai seorang pebisnis, sewa tempat usaha merupakan salah satu syarat untuk menjalankan bisnis, selain pastinya menyiapkan modal. Di benak Anda, pasti terlintas sebuah tempat untuk disewa dgn syarat utama srategis. Sewa tempat usaha di lokasi yg strategis cukup beralasan untuk mendongkrak kemajuan usaha Anda.

Sewa tempat usaha yg strategis dapat terdapat beberapa syarat, seperti mudah terlihat, mudah diakses, ramai lalu lintas, target pasar dekat, legalitas bangunan dan usaha, biaya sewa, dan keadaan lingkungan sekitar. Syarat-syarat tadi bermanfaat dan mendukung sekali berkembang atau tidaknya usaha Anda. Anda juga perlu menyesuaikan jenis bisnis Anda sebelum menentukan di mana Anda akan menyewa tempat usaha.

Namun, ada keuntungan dan kerugiannya jika kita sewa tempat usaha. Apa saja?

Keuntungan sewa tempat usaha

  • Mudah pindah tempat

Keuntungan pertama sewa tempat usaha adalah Anda dapat dgn mudah berpindah tempat usaha, jika dirasa tempat usaha yg Anda sewa sekarang tak memberikan efek apa-apa pada bisnis Anda. Anda tak cocok, tinggal pindah saja. Lalu, pindah ke lokasi yg dirasakan lebih memberi keuntungan lebih besar atau berpeluang untuk berkembang. Biasanya sewa tempat usaha memiliki jangka waktu 2 sampai 3 tahun. Jika nyaman, perpanjang. Jika tak, maka Anda dapat pindah.

  • Dana perawatan dapat ditekan

Biaya untuk melakukan renovasi dan perawatan, biasanya tak dibebankan oleh pihak penyewa. Biaya-biaya itu menjadi tanggung jawab pemilik sah tempat usaha yg Anda sewa. Dengan begitu, anggaran bisnis Anda dapat dihemat. Anda tak perlu lagi pusing-pusing memikirkan masalah tadi.

  • Bisa melakukan proyeksi keuangan

Anda memang dibebani oleh biaya sewa, dgn harga tertentu. Namun, hikmah yg dapat dipetik dari beban sewa itu, Anda dapat melakukan proyeksi perencanaan anggaran atau kas usaha. Sewa tempat usaha dgn biaya tertentu dapat Anda anggarkan atau keluarkan, tapi Anda juga bisa memasang target keuntungan atau mungkin kerugian dalam waktu yg pendek.

  • Hemat modal dan investasi

Membeli tempat usaha memakan modal yg sangat banyak, dibandingkan Anda sewa tempat usaha. Jika Anda membeli sebuah gedung untuk usaha Anda, mungkin modal Anda akan tersedot ribuan kali lipat. Sistem sewa tempat usaha dapat menghemat biaya pembelian tadi. Lalu, sisa modal itu dapat Anda manfaatkan untuk membeli berbagai inventaris usaha yg dibutuhkan atau menggaji karyawan Anda.

  • Risiko minim

Sewaktu-waktu, jika ada bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, atau angin puting beliung, dan bangunan yg Anda sewa hancur, maka Anda tak turut mengganti rugi. Tentu hancurnya tempat usaha tadi adalah tanggung jawab pemilik tempat yg Anda sewa. Kecuali jika ada kebakaran, dan api sumber kebakaran itu akibat kelalaian Anda. Itu masalah lain.

Kerugian sewa tempat usaha

  • Terikat perjanjian tertentu

Tentu saja sewa tempat usaha ada perjanjiannya antara Anda dan pemiliki tempat. Perjanjian ini biasanya ada di surat perjanjian bermaterai, dan memuat berbagai ketentuan tentang hak dan kewajiban. Namun, mungkin saja di dalam surat perjanjian atau kesepakatan Anda dgn pemilik tempat ada yg justru merugikan Anda. Misalnya, Anda bertanggung jawab penuh jika tempat usaha mengalami kerusakan akibat kebakaran atau Anda dibebankan untuk mengeluarkan biaya renovasi, dan sebagainya.

  • Dana sewa naik terus

Jika telah dekat waktu pembayaran, Anda tak dapat tidur. Seakan-akan Anda dihantui oleh pemilik tempat usaha yg akan datang menagih biaya sewa. Biasanya lokasi tempat usaha yg semakin ramai, mengakibatkan harga properti melonjak. Tentu ini berimbas pada biaya sewa yg membengkak. Biaya sewa yg akan naik terus setiap tahun, akan memberatkan Anda, jika usaha Anda kurang berkembang.

  • Tak menikmati nilai investasi

Nilai bangunan setiap tahun selalu naik. Jika Anda sewa tempat usaha, Anda tak akan menikmati nilai investasi yg semakin naik ini. Berbeda jika Anda membeli. Nilai investasi pasti jadi penghasilan lain, selain usaha yg sedang Anda jalankan.

  • Risiko kehilangan tempat usaha

Bayangkan betapa kesalnya diri Anda ketika usaha sedang berada di puncak, tapi pemilik tempat usaha tak bersedia memperpanjang kontrak tempat usaha Anda. Alasannya, karena berkembang, tempat usaha itu akan dipakainya sendiri untuk usaha serupa. Atau, ada orang lain yg sanggup membayar biaya sewa lebih besar ketimbang Anda.

  • Hak terbatas

Setiap orang punya selera. Sebagai pemilik usaha, Anda juga pasti ingin mendesain tempat usaha yg Anda sewa agar lebih menarik dan unik, untuk menjaring lebih banyak pengunjung. Tapi, Anda cukup menyewa. Anda tak memiliki hak seenaknya mengubah bangunan pemilik tempat. Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pemiik.

Lumrah jika setiap pilihan ada untung dan ruginya. Sewa tempat usaha pun begitu. Sebelum Anda memutuskan untuk membayar uang sewa tempat usaha, ada baiknya Anda pelajari lebih mendalam soal perjanjian Anda dgn sang pemilik. Jangan sampai justru Anda mendapatkan kerugian di masa mendatang

Search terms:

jual kain sisa pabrik solo, jual bulu domba, harga jual bulu domba, pengepul bulu domba, tempat penjualan bulu domba, agen bulu domba, penjualan bulu domba, tempat jual poster band di jogja, tempat penjyalan bulu domba, jual roti bs di semarang,

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.