OJK harap merger bank syariah hasilkan bank BUKU 4

Sunday, December 9th 2018. | Keuangan

JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap penggabungan tiga Bank Umum syariah (BUS) dan satu Unit Usaha Syariah (UUS) milik pemerintah bisa terlaksana tahun ini dan disertai dgn suntikan modal dgn skema Penyertaan Modal Negara (PMN). Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan modal inti bank syariah hasil merger tersebut.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman Darmansyah Hadad mengungkapkan, rencana merger empat bank syariah milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diharapkan bisa memberikan dorongan pada ekonomi syariah. Oleh karena itu, OJK mengimbau pemerintah untuk menyuntik modal bank hasil merger.

“OJK inginnya satu tambah satu hasilnya empat. Artinya harus ada nilai tambah dari konsolidasi. Harus ada upaya pemerintah supaya bank syariah hasil merger dapat menjadi lebih besar. Salah satunya dapat dilakukan dgn tambah anggaran,” kata Muliaman di Jakarta, Kamis (26/3).

Muliaman menuturkan, OJK dan pemerintah telah mengkaji opsi merger empat bank syariah pelat merah ini. Selain itu, OJK dan pemerintah juga telah mengkaji penambahan modal pada bank syariah hasil merger ini. Menurut Muliaman, OJK dan pemerintah telah merapatkan kajian tersebut.

Muliaman menambahkan, kajian tentang rencana merger tersebut telah dilakukan dan disampaikan ke pemegang saham. Gagasan tersebut menurut Muliaman, disambut positif oleh para pemegang saham.

“Sudah ada kajiannya. Responsnya positif. Semoga bank syariah hasil penggabungan dapat mendapatkan suntikan modal sehingga dapat langsung naik kelas menjadi BUKU 3 (bank umum kegiatan usaha dgn modal inti antara Rp 5 triliun-Rp 30 triliun) atau dapat langsung menjadi BUKU 4 (bank umum kegiatan usaha dgn modal inti di atas Rp 30 triliun),” ucapnya.

Dengan demikian, kelak bank hasil merger PT Bank Syariah Mandiri, PT BNI Syariah, PT BRI Syariah serta Unit Usaha Syariah PT Bank Tabungan Negara, Tbk (BTN), sahamnya bisa dimiliki oleh pemerintah dan juga masing-masing bank BUMN. Dengan menjadi bank syariah kategori BUKU 4, diharapkan bank hasil merger itu bisa membiayai proyek-proyek yg lebih besar.

“Itu adalah imbauan kami, kalau dikonsolidasikan dapat menjadi bank besar. Kalau aslinya tak akan cukup, maka harus ada tambahan, sehingga dapat dimiliki pemerintah dan masing-masing bank BUMN. Kalau bank relatif besar, maka dapat membiayai proyek yg besar,” jelas Muliaman.

Artikel Lainnya:

tags: , , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.