Mengulur laba dari kudapan kentang ulir

Friday, March 3rd 2017. | Peluang Usaha

Potensi bisnis kudapan di Indonesia masih terbuka lebar. tentu saja, peminat camilan seperti kentang goreng dan camilan olahan daging seperti sosis dan nugget di negeri ini datang dari berbagai kalangan usia. Harga jualnya yg relatif murah pun membuat camilan olahan seperti ini kerap diserbu pembeli.

Itulah yg membuat Yudiawati Setiawan memutuskan untuk mendirikan usaha Twisto Potato. Gerai ini menawarkan jajanan kentang goreng ulir yg diberi varian bumbu serta topping mayonaise. Salah satu inovasi menunya seperti sosis bakar tusuk yg dibalut dgn kentang ulir. Yudiawati membuka gerai pertamanya di Tangerang pada Desember 2013 lalu.

Agar gerainya cepat bertambah, Yudi mulai menawarkan kemitraan usaha semenjak Agustus 2014. Meski belum ada mitra yg bergabung, namun sekarang ini Twisto Potato telah memiliki tiga gerai milik pusat yg berada di Puri Mall Jakarta, Living World Tangerang, dan Tangcity Tangerang.

Jika Anda berminat, Yudiawati menawarkan kerjasama usaha dgn nilai investasi Rp 110 juta. Mitra akan mendapatkan hak penggunaan merek selama lima tahun, satu set booth, perlengkapan memasak dan peralatan usaha, seragam dan pelatihan karyawan, serta bahan baku awal senilai Rp 5 juta. “Jika ingin memperpanjang kerjasama, mitra cukup tinggal membayar biaya kerjasama sebesar Rp 30 juta,” kata dia.

Pasar anak muda

Harga jual menu mulai dari Rp 23.000−Rp 35.000 per porsi. Targetnya dgn penjualan rata-rata 100 porsi per hari, mitra dapat meraup keuntungan sekitar Rp 80 juta per bulan. Laba bersih dapat sampai 35% sebab bahan baku tak memerlukan banyak modal. Pusat akan mengutip biaya royalti 5% dari keuntungan per bulan. Bahan baku yg dipasok dari pusat adalah kentang, bumbu, dan kardus kemasan.

Twisto Potato memang menyasar pasar anak muda, sebab kudapan ini praktis dibawa ke mana-mana dan cukup mengenyangkan. Menu yg terdapat di antaranya Twisto Chick, yakni kentang spiral dgn ayam nugget dan Twisto Dog, kentang spiral dgn sosis sapi. Ada beberapa pilihan rasa seperti original, cheese, BBQ, chili balado, pizza, dan grilled beef.  Luas tempat usaha minimal 6 m² dgn dua orang karyawan. Hingga akhir 2015, Yudiawati menargetkan akan membuka lima gerai anyar.

Anang Sukandar, Pengamat Waralaba dari Asosiasi Franchise Indonesia menyampaikan, tawaran investasi usaha camilan ini terlampau mahal. Usaha seperti ini dapat ditawarkan di bawah harga Rp 100 juta. Agar target pasarnya dapat lebih luas, ada baiknya menu yg ditawarkan variasi kentang olahan lain yg juga dapat dinikmati orang tua. Menu seperti ini juga berpeluang besar ditiru, sehingga harus siap dgn persaingan usaha yg bakal makin tinggi.            n

Twisto Potato           
Jl. Jenderal Sudirman No. 1,
Kec. Tangerang, Tangerang Telp. 0878-785-24004

Artikel Lainnya:

tags: , , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.