Tantangan UMKM tahun ini seberat yang lalu

Saturday, July 7th 2018. | Peluang Usaha

JAKARTA. Tantangan yg dihadapi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam negeri di tahun ini diperkirakan tak lebih ringan ketimbang tahun lalu. Diharapkan, pengusaha UMKM sebagai pelaku bisnis dapat mengambil keputusan tepat dalam mengembangkan bisnis pada era bebas. 

FX Sri Martono, Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dalam pembukaan seminar makroekonomi Kondisi, Peluang dan Tantangan Ekonomi 2015 bagi UMKM Indonesia, hari ini (5/3) mengungkapkan, pengusaha UMKM terpapar oleh kondisi ekonomi global. 

“Salah satunya adalah karena kondisi perekonomian di wilayah Eropa yg belum membaik, sehingga memicu penurunan pangsa pasar bagi produk-produk yg dihasilkan negara di wilayah Asia seperti Indonesia,” ujar Sri Martono. 

Karena tantangan ini, menurut Sri Martono, pengusaha UMKM perlu memiliki keberanian dalam menerapkan rencana dan membuat keputusan yg didukung dgn penguasaan kompetensi dan data serta informasi yg akurat,” tambah Sri martono.  

Selain itu, para UMKM Indonesia harus memiliki optimisme yg tinggi dalam menghadapi perekonomian 2015 yg bertepatan dgn dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. 

Aviliani, Pengamat Makro Ekonomi menekankan bahwa, rata-rata orang Indonesia suka dgn hal yg baru. Makanya para UMKM di Indonesia harus mengetahui selera konsumen dan tak berhentikan melakukan inovasi.

Para pelaku UMKM juga perlu memiliki sertifikasi dan  SDM yg memiliki terampilan. Dan banyak cara untuk meningkatkannya. Diantaranya adalah dgn berkolaborasi dgn perusahaan-perusahaan yg mendukung pengembangan UMKM.  

Dalam seminar yg dilaksanakan di Gedung Auditorium PT Astra International Tbk ini, YDBA ingin mengajak sekitar 250 mitra usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yg hadir untuk  mengetahui lebih dalam mengenai kondisi dan prospek ekonomi Indonesia pada tahun ini.

Search terms:

makalah bisnis tempe,

Artikel Lainnya:

tags: , , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.