Sepekan Peluang Usaha: Dari akik hingga Satrio

Monday, December 14th 2015. | Peluang Usaha

Jumpa lagi. Eit, ada yg baru nih di jari manis. Pakai cincin batu akik ya. Gaya banget.   Wah, kayaknya menarik kalau  akhir pekan ini kita kongko-kongko  soal batu akik.  Jangan khawatir banyak hidangan terdapat.

Ngomong-ngomong soal batu akik, sekarang banyak orang yg gandrung dgn batu alam yg indah itu. Enggak tua, enggak muda, semuanya demen memakai batu akik. Kenapa dapat sampai demam akik begitu ya? Konon, itu  bermula dari kegemaran sebagian masyarakat. Lalu, banyak orang yg latah dan turut-ikutan mengoleksi akik. Di sisi lain, suplai batu akik terbatas sementara permintaan meningkat. Awalnya, cuma batu bacan yg menjadi tren. Setelah itu, banyak penambang dan perajin mulai menggali potensi batu akik di masing-masing daerahnya.

Begitu ceritanya kenapa terjadi demam batu akik. Sekarang silakan diminum tehnya. Ini bukan teh biasa lo, melainkan teh thailand alias tea thai dan teh taiwan. Ayo diseruput teh taiwannya the ini sejenis bubble tea. Adalah Dakasi Indonesia yg menawarkan minuman the jenis ini. Berdiri semenjak 1990, Dakasi telah ada di beberapa negara Asia seperti China, Filipina, Hong Kong, dan Malaysia. Di Indonesia, merek Dakasi masuk semenjak tahun 2012 di bawah naungan PT Mitra Pasifik Elco. Jika berminat bermitra, silakan siapkan duit  Rp 450 juta. Mahal juga.

Kalau mau yg lebih murah, seruput dulu teh  thailandnya.  Teh  ini dibuat oleh mantan atlet Muay Thai kita.  Itu lo Ryanda Ibrahim. Dia sempat bermukim di Thailand. Begitu thai tea  booming di sini, Ryanda lantas terpikir memproduksi thai tea. Menggandeng Dianta, Ryanda merintis usaha pembuatan thai tea. Merek yg diusung King Thai Tea (KTT) semenjak 2012.  Pada pertengahan 2013, Dianta mengembangkan usahanya dgn memunculkan produk thai tea dalam kemasan botol.  

Saban bulan, Dianta bilang, pendapatan dari usaha thai tea ini dapat mencapai Rp 100 juta. Laba bersihnya berkisar 30% dari nilai keuntungan.  Anda tertarik? Modal usaha thai tea tak bikin puyeng kok.  Dianta dan Ryanda cukup mengeluarkan modal Rp 15 juta, itu pun hasil pinjaman dari rekan-rekan mereka. “Dalam tiga bulan, anggaran pinjaman itu telah dapat dilunasi,” ungkap Dianta.

Kembali lagi kel batu akik, berapa lama demam batu akan berlangsung? Ada yg bilang akan berlangsung lama, soalnya peminatnya begitu banyak. Seandainya pun demam mereda, harga si akik tak akan jatuh, karena sumber pasokan akik terbatas.  Tapi, ada yg yakin bahwa  demam akik  ini cuma musiman. Sebentar juga hilang. Mana yg benar ya? Biar waktu yg menjawabnya.

Singkat amat menjelaskannya. Tapi, enggak apa-apa deh, lagi pula enaknya ngobrol begini sambil ngemil kacang rebus. Silakan, kacang rebusnya enak, empuk. Kacang tanah ini merupakan hasil kebun yg ditanam  di lahan seluas 3.000 meter persegi (m²).  Adalah Imam sang pembudidaya kacang tanah itu. Kacang tanah yg dikembangkannya jenis brul dgn masa panen tiga bulan. Varietas kacang tanah jenis lain, seperti cina dan holle dapat memakan waktu delapan bulan. “Harga kacang jenis brul juga lebih stabil di pasaran,” kata Imam.

Umumnya, kata Imam, setiap 1 ha (hektare) lahan dapat menghasilkan 2 ton kacang tanah. Karena lahannya cukup 3.000 m², sekali panen ia cukup menghasilkan 5-6 kwintal kacang tanah. Omzetnya  dapat sampai Rp 10 juta sekali panen. Menurutnya, komoditas ini menguntungkan karena semua hasil panen tak ada yg dibuang. Selain bijinya, ampasnya juga laku dibuat minyak dan fermentasi oncom.

Wah, kita wajib mengucapkan terima kasih pada Imam yg telah menghidangkan kacang tanah jauh-jauh dari Bojonegoro, Jawa Tengah.  Kembali ke  batu akik lagi, soal harga batu akik yg tinggi sampai hampir menyundul langit bagaimana? Ah,lebay banget, sampai menyundul langit segala. Tapi,  itu kita bahas nanti ya. Soalnya, kita butuh tangga yg panjang banget biar dapat mencapai langit, he he he…. Sekarang kita sikat dulu kue moci, cilok, dan sosis bakar.

Ayo kita tomplok cilok yg dimereki Cilok Isi Extra Pedas. Usaha cilok ini  datang dari Bekasi, Jawa Barat. Adalah Wibowo yg  yg menjalankan usaha ini semenjak 2010, tapi dia baru menawarkan kemitraan di awal tahun 2015.  Kalau telah mencicipi dan enak, dapat kok bermitra sama Wibowo. Nilai investasi murah:  mitra cukup membayar Rp 1 juta.  Ciloknya dijual Rp 500 per buah. Wibowo telah menghitung, mitra dapat mendapat keuntungan sekitar Rp  200.000 per hari dgn penjualan sebanyak 400 cilok. Dalam sebulan paling tak mitra dapat mengantungi keuntungan Rp 6 juta. Sedap. Ambil satu lagi ciloknya ah.

Sekarang mana yg harus dicicip lebih dulu: moci atau sosis bakar. Dua-duanya enak. Kalau begitu, yg paling dekat dgn jangkauan tangan saja. Moci. Tapi, makan moci yg diberi mereka Mochi Maco  kok yg terbayang wajah Rafli Egy Wijaya, asal Malang, Jawa Timur. Jelas saja, Rafli orang yg  telah membuat kreasi moci aneka rasa pada  Mochi Maco  pertengahan 2014.

Namun, baru pada 2015 Rafli mencoba menawarkan kemitraan usaha. Untuk turut menikmati lezatnya laba Mochi Maco, mitra kudu merogoh kocek lumayan dalam: Rp 200 juta. Dengan duit segitu, mitra mendapatkan perlengkapan mebel dan interior, renovasi tempat usaha, peralatan memasak, pelatihan pegawai, dan bahan baku awal untuk seminggu. Investasi sebesar itu juga telah termasuk lokasi di Malang dgn harga sewa Rp 55 juta per tahun. “Namun, akan ada penyesuaian harga dgn kondisi lokasi di daerah calon mitra,” ujar Rafli.

Nah, sosis bakar telah memanggil-manggil tuh. Adalah Muhammad Ashuri yg mengusung usaha sosis bakar dgn merek Aldriz Solution atau A2S Sosis Bakar. Dia mendirikan usaha ini semenjak 2011 silam di Jakarta Selatan dan langsung menawarkan kemitraan usaha.  Nah, yg ini duit yg kudu dikeluarkan lumayan murah, cuma Rp 4,4 juta, namanya paket hemat. Terus ada  paket senilai Rp 4,7 juta. Mitra ditargetkan dapat meraup keuntungan sampai Rp 400.000 per hari atau sekitar Rp 9 juta per bulan.

Youtube dan gamelan

Kembali ke batu akik. Memang harga batu akik dapat tinggi banget. Misalnya batu gambar atau yg kerap disebut pictorial agate. Harganya dapat mencapai Rp 10 miliar. Batu gambar ini milik Sam Sianata. Ada juga batu akik yg di dalamnya ada gambar Nyi Roro Kidul. Batu ini milik pelukis Daniel Krisna dan dibanderol  Rp 5 miliar. Yang lebih dahsyat lagi, batu gambar menyerupai naga kepunyaan Muhammad Imam Hanafi, warga Langkat, Sumatra Utara. Harga  ditawarkan Rp 18 miliar. Wah. Sekarang batu akik apa yg Anda pakai.

Sudah jangan ngomongin akik melulu, kita nonton Youtube saja untuk hiburan. Eit, ada yg menari diiringi gamelan. Penarinya cantik dan menggoda. Tapi, bukan itu yg menarik, melainkan gamelannya itu lo.  Sepertinya itu gamelan yg dibikin di sentra gamelan di Desa Wirun, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Di desa ini ada 10 industri rumahan yg melibatkan lebih dari 40 perajin gamelan. Di sana ada Joko Darmono, pemilik Sumber Gongso Gamelan. Menurut Mas Joko,  sentra gamelan di Desa Wirun telah eksis semenjak 1960-an. Joko sendiri generasi kedua dalam usaha pembuatan gamelan ini. Di tahun 1990, Joko resmi mengambil alih bisnis keluarganya itu.

Satu set seperangkat gamelan standar dihargai Rp 300 juta. Adapun  gamelan super dihargai Rp 400 juta–Rp 500 juta. Gamelan super ini terbuat dari campuran emas. Jika membeli satuan, harganya bervariasi. Misalnya gong berdiameter 95 cm dihargai Rp 12 juta per alat, sementara yg kecil dgn diameter 30 cm Rp 300.000.

Kita cari video lain di Youtube. Nah, bisa. Banyak layang-layang  di langit. Sepertinya sekarang kita menuju ke sentra layang-layang  di Desa Lodtunduh, Ubud, Bali. Kita temui  Putu Suartika, perajin layangan yg membuat layangan berbentuk dinosaurus, babi, dan ular kobra. Juga ada T Ketut Yut Dinastra yg tak cukup menjual layangan jenis hewan, tapi juga layangan dgn model kapal.

Harga jual layangan di sana berkisar Rp 40.000-Rp 400.000 per unit, sesuai dgn ukuran dan tingkat kesulitan pembuatan. Made, perajin layang-layang lain, bilang bahwa ukuran layangan terkecil sekitar 1,2 m dan terbesar dapat mencapai 3 m. Melalui usaha ini, Made dapat meraup keuntungan sekitar Rp 6 juta per bulan. Namun, jika telah memasuki waktu liburan di pertengahan tahun, keuntungan penjualan dapat bertambah dua kali lipat. “Kalau telah masuk bulan Juni sampai Agustus, keuntungan dapat mencapai Rp 3 juta dalam seminggu,” ungkap Made.

Dari tadi kita menikmati video dari Youtube. Tahu enggak, dari Youtube kita dapat bisa duit. Caranya gampang, turut saja program kemitraan yg ditawarkan Youtube. Anda cukup perlu mendaftarkan akun Youtube sebagai mitra Youtube.

Program kemitraan ini merupakan salah satu cara Youtube mendapatkan penghasilan dari iklan. Pada tiap video Youtube yg dipasangi iklan, sang pemilik akun pun akan mendapatkan imbalan. Namun, tentu saja kita harus mengunggah video yg menarik sehingga dapat memikat banyak orang untuk mengeklik dan menontonnya.

Capek dari tadi cuma ngobrol. Sekarang saatnya kita makan besar.  Makan ayam  bakar. Pasti enak. Soalnya ayam bakar yg satu ini besutan Masbukhid yg mengusung merek Lesehan Ayam Jantan. Masakan olahan ayam khas Jawa Timur ini berdiri tahun 2011 di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Melihat usahanya cukup berkembang, awal tahun ini Masbukhid resmi membuka kerjasama kemitraan.  Total menunya ada sekitar 40 item dgn harga jual mulai Rp 15.000–Rp 25.000 per porsi. Dalam kemitraan ini, Lesehan Ayam Jantan menawarkan kerjasama dgn investasi sebesar Rp 300 juta. Kerjasama ini juga mengenakan biaya royalti 3% dari keuntungan. Mitra juga wajib membeli bahan baku bumbu dari pusat.

Sebagai makanan penutup, boleh juga mencoba es krim yg dimereki Mr. Freez Es Potong Singapore. Es krim ini berdiri Oktober 2014 di Depok, Jawa Barat.  Bagi Anda yg ingin terus merasakan nikmatnya es krim ini, enggak ada salahnya berinvestasi. Biaya kemitraannya cuma Rp 4 juta. Dalam sehari, penjualan es krim ini dapat mencapai 20 potong–25 potong es krim. Satu potong es krim dijual dgn harga Rp 10.000–Rp 15.000. Dengan harga tersebut, mitra dapat mengantongi keuntungan sampai Rp 200.000 per hari atau Rp 6 juta sebulan. Wah, ini baru namanya dingin-dingin nikmat.

 

Jalan-jalan sambil merit

Kembali ke batu akik. Harga batu akik dapat tinggi banget, seperti tadi, ada yg sampai puluhan miliar. Itu karena memang tak ada standar harganya.  Namun, yg umumnya membuat harga batu akik tinggi adalah warna, kejernihan warna, kebersihan batu, kehalusan hasil potongan, dan keaslian. Namun, ada hal di luar nalar yg membuat harga batu akik jadi melejit, misalnya saja si batu dapat membawa keberuntungan, si batu dapat bikin kebal pemakainya.

Ah, telah jangan dibahas hal-hal mistis dari akik. Yang diperlukan sekarang adalah bagaimana  kita hujan-hujanan tapi tak merusak sepatu atau sendal kita. Itu mah persoalan sepele. Pakai sepatu jelly saja. Sepatu jelly atau sepatu  plastik dgn berbagai model dan warna belakangan sedang menjadi tren.  Tanya saja sama Hikmah, pedagang sepatu jelly. Menurutnya, biasanya dalam sehari dapat menjual sekitar 50 pasang sepatu, dgn keuntungan lebih dari Rp 50 juta per bulan. Namun, di musim hujan, omzetnya dapat mencapai ratusan juta rupiah. Ada pun harga jual sepatunya mulai Rp 60.000–Rp 90.000 per pasang.

Nah, menarik bukan. Kalau mau mencicipi duit dari sendal jelly, Hikmah membuka peluang menjadi reseller @ahirajellyshoes. Harga yg dijual kepada reseller juga sama dgn pembeli eceran. Hanya, Hikmah memberikan potongan Rp 5.000 per pasang kepada pembeli setia. Saat ini, ia telah memiliki 20 reseller di hampir seluruh wilayah di Indonesia.  Jadi, hujan bukan persoalan, kita tetap dapat gaya.

Blusukan dan hujan-hujan telah bukan masalah dgn adanya sendal jelly. Apalagi kalau blusukan itu memang harus dilakukan, seperti untuk mempersiapkan pernikahan. Tapi, di Kontan.co.id, kita enggak perlu blusukan seperti Jokowi. Di sini telah terdapat kartu ucapan dgn desain tiga dimensi (3D) atau sering di sebut pop up. Kartu ucapan seperti ini  kini banyak dipakai buat mempercantik mahar pernikahan.

Nah, salah satu yg dapat membuat mahar pop up adalah Vanessa. Dalam sebulan, perempuan yg berkerja di perusahaan swasta ini cukup menerima 25 orderan mahar pop up. Pesanan dibatasi karena dia cukup dapat mengerjakan sepulang kantor. Vanessa membanderol jasa pembuatan mahar pop up Rp 175.000 per mahar.

Bila dihitung, dalam sebulan dia dapat mengantongi keuntungan sekitar Rp 4,3 juta. Meski omzetnya kecil, keuntungan bersihnya mencapai 50%. Lewat media sosial, perempuan berkaca mata ini berhasil menjaring pelanggannya dari berbagai daerah, seperti Samarinda, Depok, Yogyakarta, dan lainnya.

Nah, kalau masih bingung juga mempersiapkan pernikahan, tengok juga ke situs Merityuk.com, calon pengantin akan lebih mudah mencari wedding organizer. Situs itu resmi diluncurkan pada Februari 2013 di Bandung, Jawa Barat.  Eh, tahu enggak, Merityuk.com itu masuk dalam 11 startup terbaik tahun 2013 versi Telkom Indigo Incubator dan masuk dalam lima besar interesting startup at tech in Asia di Bandung.

Merityuk.com mengenakan biaya pasang iklan kepada para vendor yg bergabung. Mereka mempunyai tiga pilihan paket iklan, yakni paket silver dgn tarif Rp 150.000, kedua bertarif Rp 300.000–Rp 500.000 dan paket platinum dgn konsep harga fleksibel sesuai permintaan konsumen. Saat ini keuntungan Merityuk.com dapat mencapai Rp 40 juta per bulan dgn keuntungan bersih sekitar 10%−20% dari keuntungan. Menggiurkan banget.

 

Bunda dan putra daerah

Kembali ke batu akik. Ada enggak sih peluang usaha di seputar batu akik? Ada. Tapi, entar dulu, kita masih mau ketemu Paulina Pungky Purnomowati. Perempuan ini merasakan benar betapa besar jasa seorang ibu. Buktinya, dia memberi merek usaha jajanan pasarnya dgn nama Bekal dari Bunda. Omzet usahanya mencapai Rp 200 juta per hari.  

Awal merintis usaha, perempuan yg pernah berkarier di dunia manajemen bisnis di sebuah perusahaan terkenal selama 10 tahun ini, cukup berpromosi dari mulut ke mulut. Selain itu, dia juga  mengandalkan media sosial seperti Instagram, Facebook dan situs untuk memperkenalkan usahanya. “Kami cari sendiri lewat mulut ke mulut, arisan, dan ada juga yg menghubungi kami untuk turut bergabung,” kata wanita keturunan Jawa dan Manado ini. Pungky membebaskan kepada siapa saja yg ingin turut memproduksi kue bersamanya. Namun dia selalu mengingatkan bahwa rasa dan kualitas kue harus tetap terjamin.  

Nah, orang kedua yg mau kita temui adalah Satrio Yudiarto. Dia rela melepaskan jabatan di sebuah bank internasiol demi membangun daerahnya, Banjarnegara, Jawa Tengah. Ia mendirikan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Surya Yudha untuk membantu masyarakat Jateng. Dalam tiga tahun terakhir, dia juga membangun hotel dan wahana rekreasi demi perkembangan wisata Banjarnegara. “Kota besar telah dikuasai oleh hotel asing, jadi saya fokus di daerah saja supaya putra daerah yg jadi tuan rumah di kampung sendiri,” tutur dia.    

K ya, ada celah di balik demam batu akik, yaitu: bengkel akik. Ini peluang untuk Anda yg ahli memotong dan memoles batu, serta membuat cincin pengikat akik. Usaha ini berkembang karena orang banyak yg lebih suka membeli akik dalam satuan berat. Dengan membeli 1 ons, peminat akik dapat mendapat tiga jenis batu sekaligus seperti black oval, raflesia, dan bacan.

Dari sinilah orang butuh jasa memotong dan memoles batu yg bentuknya belum beraturan itu. Dari jasa ini saja hasilnya lumayan. Lihat saja, Adam Gem dapat meraup keuntungan Rp 30 juta. Namun usaha Andri ini memang tak cuma jasa potong, poles, dan ikat, melainkan juga penjualan batu. Dalam hitungan KONTAN, Andri dapat mendapatkan keuntungan sekitar Rp 200.000 per hari dari jasa bengkel.

Tidak terasa kita telah cukup lama kongko-kongko dari batu akik sampai putra daerah yg ingin memajukan daerahnya. Terimakasih Anda telah menemani. Selamat berakhir pekan.

 

 

 

Search terms:

franchise king thai tea, limbahagia, cilok martapura, keuntungan jualan cilok, kuliner cilok martapura,

Artikel Lainnya:

tags: , , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.