Laba bergulir dari usaha gerai moci

Tuesday, June 12th 2018. | Peluang Usaha

Kue moci khas dari Jepang kini telah banyak dibuat oleh pembuat lokal. Makanan tradisional khas jepang ini terbuat dari tepung ketan dan biasanya diisi dgn adonan kacang merah. Di Indonesia, camilan manis yg kenyal ini banyak di produksi dan dijual di Sukabumi, Jawa Barat dgn ukuran sebesar kelereng

Seiring dgn berkembangnya waktu, moci banyak dijual di Indonesia dgn berbagai macam ukuran serta varian rasa. Tidak lagi kerap dijual di pinggir jalan, kue moci kini banyak dijajakan di gerai dalam mal dgn konsep outlet kecil sampai kafe.  

Salah satu pengusaha yg menawarkan bisnis moci adalah Rafli Egy Wijaya, asal Malang, Jawa Timur. Dengan mengusung merek Mochi Maco, pria yg kerap disapa Rafli ini membuat kreasi moci aneka rasa do pertengahan tahun 2014. Dia menjalankan usaha dgn konsep kafe semenjak pertengahan tahun 2014 di Malang.

Agar usahanya cepat berkembang, Rafli mencoba menawarkan kemitraan usaha semenjak awal tahun 2015. Saat ini telah ada satu mira yg bergabung yg juga berlokasi di sekitar Malang.

Jika Anda tertarik, Rafli menawarkan paket investasi sebesar Rp 200 juta. Calon mitra akan mendapatkan perlengkapan mebel dan interior, renovasi tempat usaha, peralatan memasak, pelatihan pegawai, dan bahan baku awal untuk seminggu.

Investasi sebesar itu juga telah termasuk lokasi di Malang dgn harga sewa Rp 55 juta per tahun. “Namun, akan ada penyesuaian harga dgn kondisi lokasi di daerah calon mitra,” ujar Rafli.

Kerjasama lima tahun

Masa kerjasama usaha berlaku selama lima tahun. Setelah lima tahun berjalan, mitra akan dikenakan biaya sebesar Rp 50 juta untuk biaya renovasi tempat dan interior. Pusat tak mengutip biaya royalti kepada mitra, namun mitra tetap harus membeli bahan baku dari pusat. Rafli akan mencarikan tempat usaha bagi mitra, difokuskan di sekitar kampus dan tempat kongko anak muda.

Mochi Maco menawarkan sekitar 16 aneka menu mochi es krim dgn menu unggulannya yaitu cokelat, vanila, stroberi, moka, oreo, green tea, durian, dan nutella. Gerai ini juga menjual menu lain seperti, yakni sosis bakar, bakso bakar, dan cilok bakar, ayam barbeque dan masih banyak lagi.

Harga jual mulai produk ini mulai Rp 4.000−Rp 20.000 per porsi. Selain menu moci es krim, Mochi Maco juga menjual dessert berbagai topping dgn adonan pancake.

Rafli mengatakan, target mitra adalah dapat meraup keuntungan sampai Rp 7 juta per hari. Adapun laba bersih sekitar 30%−35% dari keuntungan. Dengan perhitungan itu, Rafli menargetkan mitra akan balik modal sekitar satu tahun.

Menurut Khoerussalim Ikhsan, Konsultan Waralaba dari Entrepreneur College, tempat yg strategis dan yg sesuai target pasar menjadi salah satu kunci penting untuk keberhasilan usaha ini. Selain itu, kualitas produk seperti cita rasa pun harus tetap dijaga agar usaha bertahan lama.         

Mochi Maco
Jl. Galunggung no 83 Malang, Jawa Timur.
HP: 081703946711

Artikel Lainnya:

tags: , , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.