Tingkatkan penetrasi, OJK gelar lomba berhadiah

Tuesday, January 23rd 2018. | Keuangan

JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar lomba penulisan karya ilmiah Call For Papers yg bertemakan Peran Statistik dan Aktuaria untuk Merevitalisasi Industri Asuransi dan Dana Pensiun. Program ini dilakukan untuk meningkatkan penetrasi asuransi dan anggaran pensiun dalam negeri, yg sekarang ini masih tergolong rendah.

Pengumpulan karya ilmiah akan dimulai dari tanggal 20 Februari sampai 30 Juni 2015. Dewan juri Call For Papers terdiri dari lima orang, tiga orang berasal dari akademisi, satu orang perwakilan Persatuan Aktuaris Indonesia, dan satu orang praktisi atau regulator.

Dari seluruh karya ilmiah, nantinya dipilih enam tulisan terbaik yg memenuhi empat indikator utama penilaian, yakni orisinalitas inovasi, kejelasan ide, skala pemanfaatan, serta peluang aplikatif.

Pihak panitia telah menyiapkan total hadiah sampai Rp 130 juta. Juara pertama akan mendapat hadiah Rp 50 juta, juara kedua Rp 30 juta, juara ketiga Rp 20 juta. Sedangkan tiga juara harapan akan memperoleh masing-masing Rp 10 juta. Lomba ini akan berlangsung sampai tanggal 8 Agustus 2015.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman B Hadad berharap, kegiatan tersebut bisa memunculkan ide, metode sampai konsep baru guna merevitalisasi industri asuransi dan anggaran pensiun.

“Sehingga bisa menumbuhkan minat masyarakat agar bisa mengetahui dan memahami terkait asuransi dan anggaran pensiun,” kata Muliaman, Jumat (20/2). Sasaran peserta yg disasar OJK adalah kalangan praktisi, peneliti, dosen, mahasiswa, sampai masyarakat umum.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK, Firdaus Djaelani juga berharap agar acara Call For Papers tersebut bisa turut mendorong program pembentukan “1000 Aktuaris” dan menjadi sarana inovasi bagi masyarakat umum untuk mendorong percepatan perkembangan industri asuransi dan anggaran pensiun.

Pada tahun lalu, tingkat penetrasi asuransi Indonesia tercatat cukup berada pada level 2,14%. Sedangkan penetrasi anggaran pensiun tahun 2014 berkisar 5,7%.

Artikel Lainnya:

tags: , , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.