Menjalankan Sosial Media Marketing di Bisnis Online

Sunday, September 23rd 2018. | Bisnis Online

Tentunya anda telah pernah mengetahui atau pernah mendengar kata-kata social media marketing atau istilah indonesianya sama dgn pemasaran dgn menggunakan social media, pasti anda tau kan. Social media marketing adlah upaya yg ditingkatkan untuk pemasaran secara online yg bisa menciptakan suatu kevisibilitas dan eksistensi bisnis anda seprti di facebook, twitter dan Digg.

Social media marketing banyak dibutuhkan karena dgn menggunakan social media adalah hal yg paling efektif yg bisa digunakan untuk berkomunikasi dan bisa secara langsuneg menerima kritikan dari konsumen tentang produk bisnis online anda. Ini juga menjadi faktor terpenting untuk meningkatkan peringkat website anda di search engine sehingga akan mendatangkan konsumen yg lebih banyak di website anda.

Dilihat dari cara penggunaan social media oleh masyarakat yg paling banyak dibuka adalah situs facebook dan twitter, oleh karnea itu ini adalah kesempatan yg besar untuk amda supaya mampu meningkatkan nilai tambah dari proses pemasaran yg lebih efektif supaya bisnis online anda berkembang.

Tapi terkadang terjadi kecurangan di beberapa webmaster di internet marketing yg melakukan proses promosi dgn cara yg terlalu berlebihan sehingga mengakibatkan spam. Dan perlu anda ingat jika menggunakan situs jejaring sosial adalah sesuatu yg digunakan untuk tujuan sosial yg bermaksud untuk menjadikan social media sebagai media perkenalan satu sama lain yg bisa membangu pertemanan yg dari jarak jauh.

Perhatikan juga beberapa point yg perlu anda ingat sehingga tak akan membuat anda salah pemahaman tentang pemasaran dgn menggunakan social media marketing.

Gunakan jaringan sosial dgn benar
Yang pertama yg perlu ditekankan adalah guna dari social media adalah untuk menjalin suatu pertemanan jarak jauh, Oleh karena itu perlu anda upayakan untuk saling berbagi informasi satu sama lain yg bermanfaat dan mendidik. Jangan pula tergesa-gesa dalam melakukan transaksi dgn orang yg baru anda kenal . Jika anda telah cukup lama mengenalnya anda bisa berteman dan berpromosi kepadanya dan jika mereka tak berniat untuk membeli produk anda, tak perlu berkecewa karena masih ada banyak lagi yg membutuhkan produk anda.

Rencanakan strategi pemasaran sosial media
Perangkat social media yg perlu anda tentukan adalah dgn siapa anda akan melakukan pembaharuan produk setiap saat dalam mempromosikannya, yg bisa menjalankan social media harusnya anda sendiri. Anda juga dapat membuat strategi yg konsisten untuk menjalankan bisnis online anda.

Buatlah jadwal waktu sosial media Anda
Tentunya saat bermain social media anda pasti lupa waktu. Agar waktu anda tak terbuang sia-sia anda bisa mempuat jadwal penggunaan waktu yg sesuai untuk berpromosi di social media. Hanya dalam beberapa jam saja per hari tak perlu berlama-lama

Tentukan dan cari pelanggan
Lakukanlah riset terlebih dahulu pada calon pelanggan Anda. Di mana kira-kira pelanggan atau calon pelanggan Anda berkumpul secara online. Apakah mereka memiliki sebuah komunitas tertentu? Memang membutuhkan waktu, namun Anda akan lebih mudah masuk kedalam dunia mereka jika Anda telah mengenal mereka secara mendalam.

Aktif berkomunikasi dan belajarlah mendengarkan
Jika anda mau hubungan komunikasi anda dgn konsumen menjadi terjalin lebih baik, anda harus selalu siap berkominikasi dgn konsumen yg membutuhkan anda. Dengan cara itu anda bisa mempererat hubungan anda dgn konsumen dan anda harus mau dikritik oleh konsumen.

Edukasi bukan menggurui
Untuk melakukan promosi anda jangan secara terang terangan dan harusnya anda mampu memahami keinginan konsumen. Saat anda tau apa yg konsumen inginkan anda bisa menyelipkan suatu perkataan yg bisa meng edukasikan sebagai promosi produk bisnis anda. Contohnya saja, ada teman anda yg sering kelelahan anda bisa mengedukasikannya denegan cara memberikan ilmu tentang pentingnya hidup sehat di jaman sekarang ini, dan anda juga dapat memberikan promosi produk anda yg bisa menambah stamina konsumen anda, nah dgn cara itu konsumen merasa nyaman saat anda berpromosi di social media.

Berilah nilai tambah dan cepat tanggap
Jika konsumen menginginkan sesuatu produk yg tak sedang anda promosikan tak apa anda harus menggunakan cara yg terpaling efisien yaitu menambahi nilai produk yg anda promosikan sehingga menarik keinginan konsumen, semakin anda tanggap dgn apa yg konsumen inginkan maka konsumen juga akan senang dgn pelayanan anda di social media marketing yg anda guankan untuk media promosi.

Itu adalah beberapa cara yg bisa anda gunakan untuk promosi di social media marketing dan semoga informasi ini mampu membuat anda semangat dalam mengembangkan bisnis anda. Semoga sukses…..

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.