Kendala Dalam Berbisnis Online Beserta Solusinya

Saturday, May 27th 2017. | Bisnis Online

Menjalani sebuah bisnis secara online di internet tentunya tidak jauh berbeda dalam menjalani bisnis secara offline, yang membedakannya hanya saja cara memasarkanya saja. Menjalankan bisnis secara offline dalam memasarkanya saling bertatap muka secara langsung antara si penjual dengan konsumennya, sedangkan bisnis secara online, si konsumen tidak perlu bertemu langsung dengan si penjual. Mereka bisa langsung melakukan pemesanan jarak jauh melalui perantara koneksi internet. Kemudahan dalam bertransaksi dengan bantuan internet dalam bisnis online, tentunya memberikan keuntungan lebih bagi para pelaku bisnis online. Tak heranlah jika saat ini banyak sekali para pelaku bisnis tertarik untuk mencoba peruntunganya dengan menjalankan sebuah bisnis online.

Dibalik akan keuntungan dalam menjalankan sebuah bisnis online, tentunya tidak semulus apa yang sudah kita bayangkan. ada beberapa hambatan yang akan menjadi sebuah kendala pada saat menjalani usaha bisnis online ini. Hal inilah yang menjadi faktor penyebab banyak orang yang mengalami gulung tikar dan kemudian meninggalkan bisnis online tersebut.

Apa saja yang menjadi sebuah kendala dalam menjalani sebuah bisnis online? Untuk memastikanya, saya akan mencoba memberikan informasi mengenai kendala bisnis online beserta memberikan solusi untuk menghadapinya.

1. Banyaknya kasus penipuan di dunia maya, tentunya akan membuat kepercayaan konsumen dalam bisnis online menjadi sangtlah kurang. Penipuan yang sering terjadi pembayaran akan produk yang ingin dibeli oleh si konsumen sudah dikirim, namun barang atau produknya tidak dikirimkan sehingga tidak diterima oleh si konsumen, atau juga kualitas produk tidak sesuai dengan produk yang ditampilkan di situsnya. hal inilah yang bisa membuat kecewa dari konsumen yang membeli produk secara online, dan akirnya banyak juga konsumen menghindari transaksi secara online, dan mereka lebih sering bertransaksi secara offline karena dirasa lebih aman  dan juga bisa memegang langsung produk yang akan dibelinya.

Untuk Solusinya: Dalam meyakinkan sikonsumen, Berikanlah adanya contac person serta alamat lengkap yang dapat dihubungi oleh si konsumen bisa melalui chatting, telepon atau juga sms. Kemudian harus menjaga kualitas produk yang ditawarkan, lengkapilah dengan adanya gambar beserta keterangan pendukung akan produk tersebut. Misalkan saja seperti bahan akan produk, ukuran, tipe produk, dll, sehingga konsumen dapat tau akan info produknya secara detail.

2. Persaingan akan bisnis online di internet sudah sangatlah tinggi dan semakin ketat. Kemajuan akan teknologi saat ini, membuat semakin banyak orang memasarkan akan produk bisnisnya melalui media online internet. jadi secara otomatis persaingan online pun semakin sangatlah ketat, seperti halnya bisnis toko online, reseller akan produk, affiliate yang sudah banyak sekali dijalankan oleh ribuan orang di berbagi dalam ataupun luar negara.

Untuk Solusinya: Akan lebih baiknya menawarkan sebuah produk yang memiliki nilai keunikan tersendiri, sehingga tingkat persainganya tidak terlalu tinggi. Kemudian lakukan dukungan melalui sebuah promosi bisnis seperti halnya optimasi seo, Menyediakan atau memberikan konten geratis kepada konsumen, Memasang iklan/banner disitus web yang sudah terkenal, bergabung di situs forum akan bisnis online, serta bisa juga melakukan penawaran secara offline, sehingga bisnis anda bisa semakin populer dan banyak dikenal oleh semua kalangan masyarakat.

3. Kendala akan terbatasnya koneksi akan internet. Bisa dikatakan tidak ada masalah bagi para pelaku bisnis yang tinggal didaerah kota-kota besar, tapi bisa menjadi masalh bagi para pelaku bisnis yang tinggal di daerah penggiran atao pelosok kota. koneksi internet masihlah sangat terbatas sekali.

Untuk Solusinya: Anda bisa memanfaatkan sebuah modem internet yang saat ini sudah banyak diproduksi oleh para provider komunikasi. Tentukan modem yang memiliki sinyal paling kuat didaerah anda, sehingga tidak menghambat adanya koneksi internet. Kemudian untuk masalah biaya, jangan terlalu kawatir, karena saat ini biaya akan berlangganan koneksi internet sudah sangatlah terjangkau.

4. Adanya keterbatasan akan pengetahuan mengenai bisnis online. Banyak sekali orang yang ikut-ikutan menjalankan sebuah bisnis affiliate atau juga membuka sebuah toko online, namun mereka kurang sekali pengetahuan apa yang harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan akan bisnisnya. Sehingga bisnis online yang mereka jalankan tidak bisa berjalan dengan optimal.

Untuk Solusinya: Dalam kerangka menambah pengetahuan akan bisnis online, sebaiknya anda belajar dari buku tentang bisnis online yang sudah banyak beredar dipasaran. Atau anda juga bisa mencari akan panduan serta mengikuti kursus online yang sudah banyak ditawarkan oleh pakar bisnis online dan pakar internet marketing online

Setelah mengetahui macam kendala dan juga beserta solusinya akan menjalankan sebuah bisnis online, tentunya saat ini anda tidak perlu ragu lagi melangkah untuk memulai sebuah bisnis internet. Disini yang menjadi faktor terpenting dalam mencapai kesuksesan adalah tekad yang kuat. Yakinilah setiap kendala dan masalah tentunya pasti ada solusinya. Yuk Tunggu apa lagi….. sukses untuk anda…. ganbatte!!!….

Artikel Lainnya:

tags: , , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.